Wednesday, April 18, 2007

CDMA vs GSM

Kalo ditanya berapa sih pengeluaran per bulan untuk pulsa, biasanya aku selalu menjawab sekitar 100-150k (selama bekerja di di kantor baru) soalnya cuma buat sms-an atau telpon yang bener-benerrrr penting.
Tapi itu cerita lalu, beberapa bulan belakangan, angka itu menurutn drastis, jadi cuma sekitar 50k aja. (masih jauh lebih boros karena di kantor lama, pemakaian pulsa sebulan maksimal 20k hehehe)

Awalnya, waktu di kantor baru ini, bener-bener keteteran untuk keep in touch dengan teman-teman. Soalnya no. telpon yang di phonebook rata-rata nomer HP (baca: GSM), sementara nggak dapet fasilitas telpon HP/inlok dari kantor.
Tapi karena tuntutan bathin (ngejaga silaturahmi ceritanya), pake pulsa sendiri jadilah!!

Banyak faktor sih yang bikin penggunaan pulsa jadi lebih hemat;
yang pertama telpon yang bener-benerrr penting (berdasarkan tinjauan yang sangat subjektif) udah jauh berkurang
kedua, kadang i leave my handphone at home, jadi gak bisa dipake telpon
ketiga, nah ini yang enak banget, beberapa temen mulai "menduakan" GSM - uhuyyy-
Artinya, bisa me-maksimalkan fasilitas telpon lokal nih...

Nb: Ada yang ngarep tulisan ini berbau techy gak yaaa?
/me takut ada yang sakit hati
*kaburrr*
:P

Tuesday, April 17, 2007

Tips ber-bajaj dengan aman

Sebagai orang Jakarta, pasti bete banget deh kalo dibilang mirip bajaj...
Soalnya selain punya makna negatif secara fisik (liat aja tuh mulutnya maju banget kan?), kendaraan imut berwarna orange ini juga udah menjadi semacam momok jalanan...

Penyebabnya, biar kecil tapi si bajaj ini udah punya image "cuma dia ama Tuhan yang tau dia mau belok kemana". Wong gak punya sen, tapi suka melakukan manuver-manuver atraktif nan tidak terlalu ergonomis gitu dehhh...

Nah... mengingat kondisi seperti itu, berikut tips buat yang berminat naik bajaj:

1. Jangan tersenyum manis saat menyetop bajaj

2. Tawarlah ongkos sesuai dengan tujuan. Jgn menawar Tukang Bajaj-nya atau bajajnya.

3. Cobalah ramah sedikit kepada Tukang Bajaj sebelum menawar, ajak komunikasi sebentar supaya keliatan lebih manusiawi sebelum tanya ongkos, contoh: Pagi Pak/Bang,udah makan belum?? Tadi keluar jam berapa dari rumah?? Udah lama narik bajaj?? Rute terjauh sampe mana Pak??Setorannya

berapa?? Penghasilannya berapa?? dsb....!! Kalo perlu ajak duduk berdua, ngobrol di belakang biar supir merasakan juga jadi penumpang. Ini berguna utk mengetahui jam terbang dan pengalamannya.

4. Jangan pernah minta duduk di depan bareng supir atau jangan juga duduk di depan bajajnya.

5. Bila bawa HP.. matikan saja, jgn harap anda bisa mendengar dering HP.
Dan bila dipasang vibrate juga percuma krn "vibrate" bajaj jauh lebih dahsyat bisa mungguncang sekujur tubuh anda bahkan sampai anda turun pun Vibrate Bajaj masih terasa, cukup utk 2 hari. (buat yg masih kuliah/sekolah sebaiknya jgn sering-sering naik bajaj... nanti tulisannya jelek).

6. Bila terasa panas di dalam, mintalah agar kap bajaj dibuka semua biar banyak anginnya (bajaj cabriolet/roadster alias tanpa kap).

7. Carilah bajaj baru keluaran tahun 2007 (terbaru/uptodate) dengan stir di kiri (bajaj import/build up) agar lebih cepat sampe tujuan krn sudah dilengkapi dengan Turbo Boost, Superchip, Power Window, Central Lock, Air Bag dan supirnya pake dasi, kemeja + celana Icuk Sugiarto(pendek & sexy).

8. Carilah supir yg pendek agar pemandangan ke depan cukup jelas tetapi akan lebih jelas lagi bila tidak ada supirnya.

9. Utk mereka yg pacaran, keuntungan naek bajaj :
supirnya tidak dengar perbincangan kita, kelemahannya :pacar kita juga nggak dengar apa yg kita bicarakan, jadi gunakan saja "bahasa tubuh" selama perjalanan.

10. Jgn lupa bawa kertas + pulpen utk tulis alamat jelas serta belokannya bila salah arah, langsung kasih catatannya atau bawa juga pengeras suara Mesjid kalo supirnya "Buta Huruf"(begitu liat huruf langsung buta).

11. Tutup pintu bajaj, krn bila terbuka, orang akan mengira anda adalah kenek bajaj.

12. Untuk cukup nyaman, cari bajaj keluaran Blue Bird-jaj atau kalo mau bajaj dgn tarif lama cari bajaj keluaran Citra-jaj atau Gamya- jaj atau HIBA-jaj.

13. Jangan menyetop bajaj secara mendadak karena dgn kemudi yg sangat power steering akan membahayakan kendaraan di belakangnya.

Segitu dulu aja Tips Bajaj. Mudah2xan ada gunanya buat kita semua.
Untuk mereka yg "Bajaj Mania" alias pengguna "Bajaj Sejati" sering-seringlah periksa pendengaran anda ke Dokter THT bila perlu ajak Dokter anda naek bajaj bareng sehingga kalian bisa saling kontrol satu sama lain.